Tari Gambyong



TariGambyongadalahtarian yang sudahseringditampilkanketikaacara-acarabesaratau festival budayaberlangsungbanyakdariwisatawanmancanegara yang menyukaitariangambyong in, halinikarenatariantersebutmempunyaikeunikantersendiri, apasajakeunikandancirikhasdaritarigambyong?Berikutpenjelasanseputarsejarahtarigambyongcirikhasgerakaniringan music, sertakostum yang digunakanpadapenari.
A.    SEJARAH TARI GAMBYONG
Tarigambyongadalahsalahsatutaritradisional yang berasaldaridaerah Surakarta jawatengahpadaawalnyatarianinihanyalahsebuahtarianjalananatautarianrakyat, tarianinijugatermasuktarikreasibarudariperkembangantaritayub.
Tarianinidipertunjukanpadasaatupacarapanendanhendakakanmenanampadi. Masyarakatpercayatarianiniuntukmemanggildewisriataudewipadiagariamemberikanberkahkepadasawahmerekadenganhasilpanen yang maksimal
Namagambyongsebenernyaberasaldarinamaseorangpenariterkenalpadamasaitu, yaitusrigambyongsrigambyongmempunyaisuara yang sanggatindah dab kelincahandalammenarisudahmenarikperhatiaan.
Pertunjukansenitaritayubpadaawalnyadilakukanolehsrigambyongdijalananakhirnyabanyakkalanganmenganggaptariinimempunyaikeunikandancirikhasyang  membedakantarianyadengantariandaripenari-penarilainnya.
Sehinggasemuamasyarakatdiwilayah Surakarta padamasaitumengenal dia. Atasperintahdarisinuhunpakubuwono IV yang padawaktuitumemerintahdaerah Surakarta, srigambyongdiizinkanmenyelenggarakanpementasanlingkungankraton Surakarta. Sejaksaatitulahtarianinidinamakansebagaitarigambyong
Sebelumdaripihakkraton Surakarta mengubahdanmempatenkanstrukturgerakannyatariangambyonginisebenarnyamerupakaantarianrakyat yang digunakansebagaiacara ritual sebelumbercocoktanam
Tujuanyasupayatanaman yang sudahmasyarakattanamdiberikesuburandanmenjadipanen yang melimpahsetelahmasukkelingkungankratontariangambyonginisukadijadikansebagaitarianpenghiburdanpenyambutantamukehormatan.
B.     TARI GAMBYONG PAREANOM
Beritaadanyapertunjukansenitari yang dilakukansrigambyongakhirnyamenyebarluassampaiketelingasunanpakubuwono IV raja Surakarta padawaktuituakhirnyapihakdarikeratonmangkunegara Surakarta mengundangsrigambyomhuntukmenunjukantarianya.
Semenjaksaatitu, tarigambyong yang dimainkanolehsrigambyongsemakindikenalbanyakmasyarakat yang mempelajaritarianinihinggaakhirnyatariangambyongdinobatkansebagaitariankhasistana.
Padaperkembanganyasaatini, tarianinimasihseringdipertunjukandalamacara-acararesmi, acara –acaralkenegaraanataupunupacaraadatrakyatdalamgelaranresepsipernikahaanataukhitananmisalnya, tariangambyongmasihdapatandatemukandisurakartahinggasekarang.
Beberapavariasigerakanperkembangantariinijugaterusdilakukanhinggamenghasilkanbeberapajenistarigambyongbaru, sepertigambyongayun-ayun, gambyongsalaminulnya, gamyonggambirasitgambyongmudhatamagambyongdewandarugambyongpangkurdangambyongcampur sari.
C.     PERKEMBANGAN TARI GAMBYONG
Seiringdenganperkembanganzamantarigambyongsudahmulaiditampilkankekalanganmasyarakatdanmenjadi di salahsatutariantradisionaluntukdaerahjawatengah.
Gerakantarigambyonglebihberperanpadagerakankepalatubuhtangandan kaki tidakgerakandasarnya yang menjadicirikhastarianiniadalahgerakankepaladantangan.
Pandanganparapenariseringmelihatjaritanganseiringdengangerakantangannya.Padagerakan kaki bergeraksecaraharmonismengikutialunan music pengiring.
Dengangerakannya yang bertempolambatparapenarimulaimenaridenganlemahgemulai yang menggamarkansebuahkelembutandankeindahanseorangwanita.
Padapenampilannyatarigambyongterdiridaritigabagianyaitugerakanawal, majubeksan.Gerakanutamabeksangerakanpenutupmundurbeksan.Ketikasedangmenariparapenariiniseringmenunjukananggunanwajahdengansenyuman yang cantik.
D.    GERAKAN TARI GAMYONG
Gerakantarigambyongsebenarnyaadalahsebuahkreasi yang managerakan-gerakannyasebagianbesardiambildaritaritayubberbedadengantariantayubpadatariangambyogbiasanyadilakukanpadagarisdangerak yang jauhlebihluas.
Adapununsurkeindahandarigerakantariangambyonginiberasalpadakekompakanparapenarinya. Para penarigambyongakanmenggerakantangan kaki, dankepalasecarabersamanselarasdenganiramakendan. Gerakanmatapenariakanseiringdengangerakantangan yang menjadikantarianinisemakinharmonis.
Untukmengawalitariangambyonginipadaumumnyapertunjukandibukadengangendingpangkur.Gendingpangkuradalahbagiandaribeksan yang mempunyaiartinyanyiaanawaluntukmengundangparapenarinaikkeataspanggung, tariangambyongterbagimenjaditigabagianyaitu, mundurbeksan, danmajubeksan
E.     FUNGSITARI GAMYONG
1.      tariangambyongselaluadapadaupacara ritual pertanianjamandahulu, haliniberfungsi agar kesuburanpadidanperolehanpanenmenjadimelimpah, dewipadi (dewisri)akandigambarkansebagaipenari-penari yang sedangmenari.
2.      sebelumpihakkeratonmangkunrgara. Surakarta menataulangdanmembakukanstrukturgeraknyatarian, gambyonginiadalahmilikrakyatsebagaibagianupacara.
3.      Kinitarianinidipergunakanuntukmemeriahkanacararesepsiperkawinandanmenyambuttamu-tamukehormatanataukenegaraan.


F.      PROPERTI TARI GAMYONG
PropertiTariGambyongbiasanyaadalahalat music yang bernamakenong, gong, kendang, sertagambang yang berkumpulsebagaisuatualat music gamelan tradisionaljawa.Gerakantari yang seiramadenganaluranmsuiktradisionalditambahsuarakendangmenambahnilaiestetiktersendiridarisetiappementasantarianini.
Tariangambyinginibiasanyadiiringi music tembangjawadan gamelan kendang,gongsertagambang yang terkumpulsebagaisuatualat music gamelan tradisionaljawa. Gerakantarian yang seiramadenganalunan music tradisionalditambahsuarakendangmenambahnilaiestetiktersendiridarisetiappementasantarianini.
Kendangadalahpanduanbagiparapemusikdanuntukmelakukangerakataubunyitertentuolehkarenaituhaltersebutdalamtarigambyongkendangnyajuga di julukisebagaiotottarian.
Meskipunpadasaatitubusana yang dikenakanolehparapenariadalah property sepertiselendang yang dikalungkanpadaleher .halinimerupakanbusana yang lazim yang kenakanolehseorangpenari. Namunlambatlaunpakaian yang dikenakanjugamenjadicirikhastariantradisionaldan Surakarta jawatengahini.
Seperti yang sudahdisebutkandiatas, parapenarigambyongharusmenggunakankostumkhususberupakemben yang bahunyaterbukasampaibagiandadanya.Dan menggunakankainpanjangbermotif batik sebagaibawahannya.
Para penarigambyongjugaselalumenggunakanselendangsebagaipelengkapkostumtarianmereka.Biasanyaselendang yang digunakanberwarnakuning, menurutmasyarakatsekitarwarnakuningmelambangkankekayaandanhijausebagai lambing kesuburan. Para penarijugadiriasdengancantiksupayaterlihatlebihmempesonaketikamenarikantariangambyongini.Selainituparapenariakandihiasolehberagamaksesorisseperti ,gelangan, sampur, kemben,stagenjahitgelang, dankalung.
G.    KEUNIKANTARI GAMYONG
·         pakaian yang dikenakanlebihberfokuspadawarnakuningdanwarnahijauinisebagai symbol kemakmurandankesuburandaripertanianmereka.
·         sebelumtarian di mulaidibukadengangendhingpangkut.
·         gerakanpolakendangdaniramairingantarimampumenampilkankaraktertari yang luwes,kenes ,kewes, tregel.


Posting Komentar

0 Komentar